Istana Hosting Official Blog Tutorial cPanel – Tutorial WordPress – Tutorial Web Hosting – Promo Diskon – Pengumuman

Masa Propagasi Domain Name

06.27.2009 · Posted in TUTORIAL

Masa propagasi domain name adalah masa atau jeda waktu yang diperlukan sebuah domain name untuk mengenali atau tersambung dengan server hosting. Masa propagasi ini bervariasi, bisa cepat bisa lambat. Bisa beberapa menit sudah tersambung, ada yang sampai 3 hari baru bisa tersambung secara sempurna.

Masa propagasi domain ini dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya:

  1. Umur domain name. Jika kita mendaftarkan domain name baru dan sejak awal sudah diarahkan ke NS hosting kita, maka masa propagasinya biasanya cepat. Begitu kita buka alamatnya di web browser maka akan langsung tersambung. Tetapi jika domain name ini sebelumnya sudah diarahkan ke server hosting yang terdahulu, kemudian diarahkan ke server hosting yang baru, misalnya ketika proses pindah server, maka diperlukan waktu propagasi domain yang lebih lama. Hal ini disebabkan oleh adanya cache, baik pada komputer kita maupun cache pada jaringan internet (termasuk ISP)
  2. Internet Service Provider. Masa propagasi juga sangat dipengaruhi oleh ISP kita. Perlu diketahui bahwa rute informasi ketika mengakses internet adalah dimulai dari adanya perintah dari komputer kita, kemudian perintah tersebut diteruskan ke ISP, kemudian dari ISP akan diteruskan ke server hosting melalui beberapa titik jaringan. Begitu juga dengan respon yang diberikan oleh server hosting juga akan melalui rute tersebut. Dengan alasan untuk mengurangi beban terkadang ISP menggunakan cache memory yang besar, sehingga ketika pelanggan mengakses internet terasa lebih cepat. Padahal data yang diakses adalah data buffer. Jika kita menggunakan ISP yang seperti ini yang biasanya masa propagasi domain menjadi lebih lama karena menunggu ISP tersebut melakukan refresh jaringan internetnya.
  3. Registrar. Data domain name tercatat di registrar atau server domain name. Ketika kita melakukan pergantian NS (misalnya ketika mau pindah hosting) maka registrar akan mengganti data tentang alamat IP server hosting kita yang baru. Nah, ada registrar yang waktu responnya cepat, ada yang waktu responnya lambat. Domain name internasional atau TLD biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan registrar domain name lokal atau ccTLD.

Bagaimana supaya domain saya cepat nyambung ke server yang baru?

Dari banyak kasus, masalah propagasi domain name ini bersumber dari ISP yang kita gunakan. Jika Anda mengalami masalah propagasi yang lama, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Refresh dari web browser dengan menekan tombol CTRL + F5 secara bersamaan. Jika masih belum nyambung, lakukan langkah nomor 2
  2. Bersihkan cache web browser Anda. Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox cari menu Tools > Clear Privat Data, dan centang pada pilihan cache dan klik tombol Clear Private Data Now.. Setelah itu coba lagi mengakses domain name Anda. Jika ternyata tetap belum bisa alias masih nyambung ke server yang lama, maka lakukan langkah nomor 3
  3. Putus koneksi dengan internet (disconnect), matikan komputer, tinggal makan, minum, tidur, ke toilet, dan sebagainya. Ditinggal lebih lama lebih baik. Setelah beberapa jam, nyalakan lagi komputer, sambung lagi ke internet. Semoga langkah terakhir ini berhasil :mrgreen:

Ini yang bermasalah komputer saya apa ISP saya?

Ketika mengalami masa propagasi yang lama maka jangan langsung menyalahkan komputer Anda, ISP Anda, registrar domainnya atau server hostingnya. Semuanya bisa berpengaruh, tetapi seperti yang saya sebutkan sebelumnya, biasanya yang rewel adalah ISP nya. Nah, untuk mengujinya lakukan langkah sederhana berikut ini:

  1. minta tolong teman di daerah lain yang satu ISP dengan Anda untuk membuka alamat domain name Anda. Jika bisa nyambung ke server baru maka komputer Anda yang bermasalah. Jika teman Anda juga tidak bisa mengakses server baru, lakukan langkah 2
  2. minta tolong teman di mana saja yang berbeda ISP dengan Anda. Misalnya Anda pakai speedy dan teman Anda menggunakan Indosat M2. Jika teman Anda bisa mengakses server baru Anda maka berarti ISP Anda yang bermasalah. Jika tetap tidak bisa maka…
  3. coba akses website lain yang IP addressnya sama (NS-nya sama) dengan website Anda. Jika bisa tersambung berarti server hosting tidak bermasalah, melainkan registrarnya (server domain) yang bermasalah, lambat dalam merespon pergantian domain name Anda. Tidak ada cara lain kecuali menunggu dengan sabar sambil tidur atau melakukan pekerjaan lain ;)

Sebenarnya masih ada cara lain untuk memeriksa apakah yang bermasalah registrarnya, server hostingnya, ISP-nya atau komputernya, yaitu dengan memanfaatkan data whois. Tetapi oke lah, lakukan dulu langkah mudah di atas ;)

Selamat mencoba ;)

5 Responses to “Masa Propagasi Domain Name”

  1. hmmm …. info yang menarik, mas dion. doh, hingga saat ini saya belum cari domain yang baru, mas. maklum, blog yang lama pun masih mangkrak tak terurus. mohon maaf, mas.

  2. Masalah Propagasi.. bagi saya cuma sederhanya keinginannya..

    LEBIH CEPAT LEBIH BAIK ;)

  3. Wew, makin keren neh kemampuan dibidang domain dan hosting oM Det :D

  4. Ooo begitu ternyata caranya, aku udah 1 hari lebih belum juga habis masa propagasinya. Sabar dan tunggu aja deh

  5. Sekedar tambahan, Tes nya supaya cepat coba pakai proxy yang banyak di internet atau edit file hosts di windows jika yang pakai windows, untuk memastikan server up atau tidak nya ping langsung ke ip server.

    Lumayan lah comment di artikel 2009 :)

Leave a Reply


8 + = fourteen