Istana Hosting Official Blog Tutorial cPanel – Tutorial WordPress – Tutorial Web Hosting – Promo Diskon – Pengumuman

SEO, Apa dan Bagaimana?

07.09.2009 · Posted in TANYA JAWAB

Salah satu sumber traffic yang bisa diandalkan adalah search engine. Jika website kita terindex pada hasil pencarian search engine, apalagi menempati posisi halaman pertama, maka besar kemungkinan website kita akan mendapatkan banyak pengunjung.

Nah, SEO itu sendiri adalah upaya untuk mengoptimasi website kita supaya mudah terindex oleh search engine, sesuai dengan kepanjangannya: Search Engine Optimization. Melakukan SEO artinya kita melakukan modifikasi kecil terhadap website kita dengan tujuan untuk membantu search engine menemukan website kita. Modifikasi kecil tersebut mungkin terlihat sederhana. Namun jika itu dilakukan terus-menerus maka hasilnya akan kita rasakan di kemudian hari.

Cara pertama dalam melakukan SEO adalah mengidentifikasi apa yang Anda akan tawarkan melalui website tersebut (=content) dan kepada siapa Anda ingin menawarkan website tersebut (=target market). Kemudian melakukan riset terhadap keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan produk yang akan kita tawarkan. Keyword tersebut kemudian disampaikan dengan bahasa yang sesuai dengan bahasa terget market kita!

Sedangkan pada tataran praktisnya, SEO bisa dilakukan dengan cara:

  1. Membuat JUDUL yang UNIK dan AKURAT
  2. Membuat deskripsi pada META tag
  3. Memperbaiki struktur URL
  4. Memperbaiki sistem NAVIGASI (menu-menu)
  5. Membuat KONTEN yang berkualitas (harus original)
  6. Membuat ANCHOR TEXT yang tepat
  7. Membuat struktur HEADING yang bagus (H1, H2, H3 dan seterusnya)
  8. Memasang GAMBAR dengan judul atau label yang sesuai
  9. Membuat file ROBOT.TXT
  10. Memberi atribut NOFOLLOW pada link keluar
  11. Melakukan PROMOSI (online dan offline)
  12. Memanfaatkan Google Webmaster Tools
  13. Memanfaatkan Google Analytics

Itu tadi panduan teknik SEO dasar yang saya kutip dari artikel yang dibuat oleh tim Google. Mungkin saja Anda pernah membaca teknik lain yang lebih detail, tetapi dasarnya hanya 13 itu tadi. Google yang punya search engine dan Google sendiri yang menulis panduannya, maka sudah barang tentu valid 100%.

Sedangkan bagi Anda yang melakukan SEO hanya karena ingin mengikuti lomba atau kontes SEO (seperti kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa itu) maka ketahuilah bahwa di dalam kontes perebutan SERP seperti itu sudah barang tentu peserta melakukan teknik SEO yang sama. Maka Anda harus melakukan sesuatu yang unik untuk bisa memenanginya!

Mengutip kata seorang teman yang pernah menjuarai kontes SEO: “Content is The King, Backlinks is the Kong”.  Selamat mencoba!

5 Responses to “SEO, Apa dan Bagaimana?”

  1. sip infrmasinya…seo bsa nmpatin psisi kita di gugel dngn baik. So, tnggu aja deh pgnjung brdtangan ;)

  2. hmmm …. info yang menarik dan bermanfaat, mas dion. blog saya saat ini sedang kacau, mas. rank alexanya ancur, hehe .. saya lihat di google webmaster, ada ribuan ling yang tertahan oleh robot.txt. hmm .., seo ternyata gampang2 susah.

  3. hahaha dari awal saya dengar ada kontes ini lansung sangsi 100%. awalnya karena website belom pernah saya dengar dan belom terkenal dijagat maya. kok tiba-tiba booming ngadain kontes SEO dengan hadiah fantastis, mustahil. akhirnya penasaran tema blog, lirik kanan-kiri nah lo kok copas semua. bulsh*t, sangsi semakin kuat dengan tidak adanya menu/page kontak yang jelas.

    eh ngomong2 soal copas, apakah copas adalah jatidiri bangsa yang digembar-gemborkan admin web tsb?

  4. wah, nggak ikut2an kontes ah…he2

  5. THANKS for sharenya,sangat membantu.

Leave a Reply


three + 1 =